Social distancing merupakan salah satu upaya yang diberlakukan untuk menekan penyebaran virus Corona dari satu orang kepada orang yang lainnya. Mengingat tidak dapat dipungkiri jika seandainya dari satu orang sangat mungkin nantinya akan menyebarkan virus tersebut kepada ratusan orang yang ada di luar sana. Bahkan terkadang penyebarannya bisa disebabkan dari hal-hal sepele yang sering kali dilakukan sehari-hari. Tidak heran jika seandainya sampai sekarang ini jumlah yang menderita Covid 19 juga senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Bahkan juga dengan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut senantiasa meningkat. Hal inilah yang menciptakan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Karena bisa saja nantinya ketika mereka terjangkit juga belum ada obat yang benar-benar efektif digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut, akibatnya ada resiko komplikasi sampai dengan kematian yang cukup tinggi bukan. Apalagi di Indonesia sanksi sosial kepada orang yang terserang juga ada.

Banyak hal remeh yang memang bisa membuat Anda tertular oleh virus Corona ini, mulai diantaranya adalah tidak rajin cuci tangan menggunakan sabun. Kemudian juga kebiasaan yang sering kali kita lakukan adalah sering menyentuh wajah. Patut diketahui bahwa virus yang satu ini bisa masuk kedalam tubuh diantaranya adalah lewat mulut, hidung sampai dengan mata. Orang-orang yang senang menyentuh wajah biasanya juga akan rentan terkena Covid 19. Untuk itu maka berikut diantaranya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan suka menyentuh wajah, yaitu:

  1. Tanamkan niat dan pastikan untuk selalu mengingat-ingatnya, hal penting yang hendaknya Anda lakukan disini adalah dengan memiliki niat kuat ditambah selalu mengingat-ingat. Karena sering kali kebiasaan dalam menyentuh wajah terjadi begitu saja tanpa disadari karena memang lupa.
  2. Jika perlu maka Anda dapat menulisnya dalam sebuah kertas kemudian tempelkan di sekitar Anda. Mulai dari di cermin, kemudian juga di depan komputer dan sebagainya, tempatkan pada sarana yang memang banyak Anda pakai untuk beraktivitas, sehingga akan menjadi alarm sehingga nantinya tidak sampai melakukan hal tersebut.
  3. Buatlah tangan Anda terus sibuk dengan kegiatan yang lainnya, pastikan untuk mencari kegiatan lainnya yang bisa menyibukkan tangan. Misalnya sendiri adalah dengan menonton televisi, kemudian juga bekerja, bersih-bersih, memasak dan lain sebagainya. Jika seandainya tangan Anda sibuk tentunya tak ada kesempatan untuk menyentuh wajah bukan.
  4. Mencuci tangan secara rutin memakai sabun atau juga hand sanitizer sebagai penggantinya, jika memang Anda sendiri memang kesulitan di dalam menerapkan prinsip tersebut dan sering kali lupa. Sebenarnya tetap boleh menyentuh area wajah, asalkan dalam kondisi tangan yang senantiasa bersih. Untuk itulah dianjurkan agar rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau paling tidak menggantinya dengan hand sanitizer.
  5. Gunakan sarung tangan, solusi lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan sarung tangan, ketika tangan Anda tertutup sesuatu, sudah pasti nantinya juga akan mengurungkan niat untuk menyentuh area wajah bukan, sehingga akan lebih aman.

Dengan menghilangkan kebiasaan Anda yang sering menyentuh wajah menggunakan tangan tersebut, sebenarnya akan jauh lebih mudah terhindar dari infeksi virus Corona. Karena memang bahaya yang disebabkan oleh virus ini tak main-main, bahkan dapat memicu penyakit pneumonia atau paru-paru basah. Solusi untuk masalah kesehatan Anda bisa dikonsultasikan secara online lebih mudah, diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc.