Menjaga kesehatan mulut dan gigi biasanya sudah digalakkan sejak kecil. Karena memang kesehatan mulut dan gigi dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga saat kesehatan mulut dan gigi terganggu, maka akan berdampak pada terganggunya kualitas hidup. Dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi, rajin menggosok gigi setiap hari dan menggunakan obat kumur menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan. Selain itu dianjurkan juga untuk rutin memeriksakan kesehatan mulut dan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Seperti yang kita ketahui, gigi memiliki peranan yang sangat penting, seperti untuk mempermudah mengunyah makanan, serta berpengaruh pada keindahan tampilan seseorang. Gigi yang tidak terawat selain membuat penampilan kurang sedap dipandang, juga bisa menimbulkan permasalahan gigi dan mulut, sebut saja seperti plak gigi, gigi menguning, gigi berlubang, bau mulut, dlsb. Untuk menghindarinya, menggosok gigi secara teratur dua kali sehari sangatlah dianjurkan. Dengan menggosok gigi secara teratur, sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi bisa dihilangkan. Sehingga resiko gigi mengalami plak, bau mulut, dlsb bisa dihindari. Tak lupa penggunaan obat kumur juga disarankan untuk membunuh kuman bakteri penyebab bau mulut. Sehingga dengan begini Anda bisa lebih percaya diri saat berbicara, makan, dan bersosialisasi.

Selain menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan gosok gigi dan menggunakan obat kumur, yang tidak boleh dilupakan adalah rutin memeriksakan diri ke dokter gigi. Kegiatan ini umumnya sering diabaikan, padahal sangat penting untuk kesehatan mulut dan gigi Anda sendiri. Karena memeriksakan kesehatan mulut dan gigi akan memberikan manfaat berikut ini:

  • Mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Menggosok gigi dan menggunakan obat kumur secara teratur tidak serta merta menjamin kesehatan mulut dan gigi Anda benar-benar sudah baik. Karena tidak jarang ada juga yang sudah melakukan hal tersebut, namun kondisi gigi kurang baik. Hal ini bisa dikarenakan salah dalam menggosok gigi atau kurang maksimal dalam menggosok gigi, maupun karena kebiasaan buruk lainnya yang ternyata membuat gigi kurang sehat. Dengan memeriksakan diri secara rutin ke dokter gigi, jika ada permasalahan gigi bisa diketahui sejak dini, seperti jika ada plak yang tersembunyi di celah-celah gigi, gigi berlubang, dll maka bisa dilakukan penanganan sesegera mungkin. Semakin dini terdeteksi, maka perawatannya akan lebih mudah, begitu juga untuk biaya dan resikonya semakin sedikit.

  • Membersihkan plak gigi atau karang gigi.

Jika saat memeriksakan mulut dan gigi ditemukan adanya karang gigi, maka Anda bisa langsung membersihkannya di dokter gigi. Karena perlu diketahui bahwa karang gigi tidak mudah dihilangkan dengan menyikat gigi, perlu bantuan dari dokter gigi dengan menggunakan alat manual ataupun alat elektrik yang biasa dikenal dengan nama sacller.

  • Mendapatkan edukasi mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat terakhir yang akan Anda dapatkan dengan rutin memeriksakan mulut dan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali atau setiap setahun dua kali adalah bisa mendapatkan edukasi penting tentang kesehatan mulut dan gigi. Hal ini penting agar ke depannya Anda memiliki pedoman yang benar dalam merawat kesehatan mulut dan gigi. Seseorang yang sadar akan pentingnya mulut dan gigi, pastinya akan melakukan berbagai cara yang tepat dalam merawatnya, seperti dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti dengan tidak merokok, menggosok gigi dengan cara yang benar dan teratur, membersihkan lidah, dll.