Tahukah Anda? Berdasarkan statistik, ada sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Instagram tiap bulannya. Dari 1 miliar tersebut, 63% nya adalah pengguna aktif! Nah, sekarang kita jadi tahu bahwa manfaat Instagram untuk bisnis sangat besar. Itulah mengapa, Instagram bisa jadi salah satu platform yang tepat untuk promosi bisnis Anda. dengan adanya auto followers instagram tentunya bisnis yang kamu jalankan lebih dapat di percaya oleh semua orang.
Jadi, jika Anda sedang dalam proses menyusun strategi marketing, kebetulan sekali! Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa saja keuntungan Instagram yang bisa membantu mempromosikan produk dan layanan Anda. Simak ya!
Manfaat Instagram untuk Bisnis Anda
Di bawah ini, kami telah merangkum enam manfaat Instagram yang bisa membantu bisnis Anda berkembang. Sehingga nantinya, Anda bisa mengeksplor keuntungan Instagram di bawah ini untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara yang paling efektiff.
1. Platform yang populer
Seperti yang kita tahu, Instagram sangat populer karena penggunanya yang begitu banyak. Kebanyakan dari pengguna tersebut, menghabiskan waktu rata-rata 28 menit sehari untuk menjelajahi app ini di tahun 2020. Dan sudah jadi hal yang lumrah, jika mayoritas pengguna Instagram mengikuti akun toko online atau brand favorit mereka di Instagram.
Tidak hanya itu, fitur yang paling digemari, yaitu ‘Stories’ digunakan oleh lebih dari 500 juta orang dalam sehari! Faktanya, generasi Millennial dan Gen-Z gemar mencari Stories dari produk dan layanan yang mereka ingin beli. Sekarang, Anda tentu paham kenapa platform ini bisa jadi cara ampuh untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis Anda ke konsumen.
2. Plattform yang sangat visual
Sekitar 65% populasi penduduk merupakan pembelajar visual (visual learners), itulah mengapa platform seperti Instagram punya banyak penggemar. Instagram memang terbukti unggul untuk urusan memamerkan dan menjelaskan produk.
Dengan bantuan Instagram, sebuah bisnis dapat mem-branding danmembangun karakter bisnisnya. Sehingga, bisnis tersebut bisa menyasar target pasarnya.
Contohnya, sebuah toko online yang menjual pakaian menggunakan fitur Stories untuk memamerkan koleksi terbaru mereka. Dari Stories itu, follower mereka jadi tahu apa saja produk yang baru saja rilis. Dengan begitu, nantinya akan banyak orang yang kemudian tahu tentang produk Anda. Anda juga punya kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari cara itu.
Namun, jangan lupa untuk menuliskan link website atau kontak bisnis Anda di bio. Atau, jika Anda memiliki follower lebih dari 10.000, Anda bisa menggunakan fitur ‘Swipe Up’. Dengan fitur ini calon pelanggan akan lebih mudah melihat produk Anda dan melakukan pembelian.
3. Memiliki jangkauan yang luas
Instagram memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal itu bisa terjadi karena app ini digunakan oleh orang-orang di berbagai negara di dunia.
Apalagi, kini Instagram memiliki fitur tab explore khusus untuk toko online. Dengan fitur ini, toko online memiliki jangkauan yang lebih besar ke para penggunanya. Karena jangkauannya yang luas, bisnis Anda tentu jadi punya kesempatan untuk menarik pelanggan dari luar negeri.
Nah, untuk memudahkan pelanggan dari negara mana pun untuk melakukan pembelian produk atau layanan Anda, website bisa jadi solusi. Di bawah ini ada sedikit tips yang bisa Anda gunakan dalam berbisnis lewat website dan Instagram.