Untuk menghindari kegembiraan “harga yang luar biasa!” Menjadi cemas, salah satu cara paling sederhana untuk melindungi diri Anda secara online adalah dengan selalu memesan dengan situs web agen perjalanan terpercaya yang ada.

Semakin tingginya minat orang pelesir, makin meningkat pula pembelian tiket pesawat. Apalagi belakangan pembelian tiket dipermudah dengan adanya penjualan secara dalam jaringan (online) oleh para penyedia jasa perjalanan. Dengan kemudahan yang diberikan, juga harus tetap berhati-hati. Terutama kepada orang-orang jahil yang menawarkan tiket pesawat murah namun ternyata mereka menipu.

Untuk membantu Anda terhindar dari penipuan, ikutilah langkah-langkah berikut.

  • Pastikan Anda mendapat informasi lengkap sebelum menekan kirim untuk pemesanan penerbangan online

Sebelum melakukan pemesanan penerbangan online apa pun, jangan lupa membaca tulisan kecil dan pastikan Anda jelas tentang apa yang sebenarnya Anda dapatkan.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda tahu persis dengan siapa Anda berhadapan dan hanya memesan dengan perusahaan terkemuka yang pernah Anda dengar.

Lakukan riset pada perusahaan perjalanan sebelumnya dengan mencari melalui forum online dan meninjau situs untuk peringatan pelanggan tentang penipuan atau keluhan tentang penawaran yang menyesatkan.

  • Waspadai penipuan perjalanan phishing

Situs scam memikat Anda dengan menawarkan harga yang jauh lebih rendah untuk tiket pesawat daripada apa yang diposting di situs lain.

Setelah Anda mengklik accept, mereka menangkap semua detail kartu kredit penting Anda dan mengirimi Anda pesan bahwa transaksi kartu kredit ditolak.

Mereka akan menyarankan Anda membayar tiket dengan mengirimkan dana atau mengirim wesel. Sama seperti itu, mereka telah mencuri informasi kartu dan uang Anda.

  • Pastikan hotel atau maskapai penerbangan memiliki catatan pemesanan perjalanan Anda

Situs pihak ketiga mengklaim telah memesan perjalanan Anda dan menerima pembayaran Anda, tetapi hotel atau maskapai tidak memiliki catatan pemesanan online Anda.

Dengan itu dikatakan, pastikan untuk memeriksa dengan hotel atau maskapai langsung untuk mengkonfirmasi rencana perjalanan Anda.

  • Berhati-hatilah terhadap penipuan kredit tiket pesawat

Artis scam membeli tiket pesawat dengan kartu kredit curian, dan kemudian membatalkan tiket serta mendapatkan kredit penerbangan dan nomor konfirmasi.

 Mereka kemudian mengiklankan kredit di berbagai situs yang ada di internet dan juga, mengatakan mereka tidak dapat mengambil penerbangan dan menawarkan untuk mentransfer dana dengan harga diskon. Untuk membeli kredit tiket, mereka akan meminta Anda untuk mengirimi mereka uang.

Karena tiket awalnya dibeli dengan kartu kredit curian, maskapai tidak akan membiarkan Anda menebus kredit.

  • Baca ketentuan mengenai pengembalian uang atau kebijakan pertukaran tiket penerbangan Anda

Pastikan Anda membaca dan memahami pengembalian uang atau kebijakan pertukaran pemesanan penerbangan online Anda.

Anda mungkin tidak dapat membatalkan perjalanan Anda atau terjebak membayar biaya yang signifikan untuk melakukan perubahan.

  • Pastikan Anda mengetahui kemungkinan perubahan waktu penerbangan

Beberapa situs pemesanan perjalanan online mencoba dan menghemat uang dengan menempatkan pelanggan di penerbangan yang lebih murah tanpa memberi tahu mereka sebelumnya tentang perubahan waktu.

Ini dapat mempengaruhi bagian lain dari perjalanan Anda atau koneksi perjalanan. Untuk menghindari kekecewaan karena kehilangan penerbangan Anda atau tidak diberitahukan tentang pembatalan atau keterlambatan.

Pastikan Anda memverifikasi pengaturan perjalanan Anda setidaknya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan Anda melalui dengan maskapai atau penyedia layanan yang berlaku secara langsung.

Minta mereka untuk memberi tahu Anda jika ada perubahan pada reservasi Anda.

  • Perhatikan nilai tukar mata uang saat memesan penerbangan

Beberapa pelancong memesan layanan perjalanan dan akhirnya membayar harga lebih tinggi dari yang diharapkan. Sebelum Anda memesan, selalu periksa dan pahami dalam mata uang apa harga ditampilkan di situs web. Ini bisa terjadi karena nilai tukar mata uang atau bisa juga penipuan.

Pastikan untuk memeriksa cetakan kecil untuk melihat apakah mereka dapat menagih Anda lebih banyak jika nilai tukar mata uang berubah atau meminta harga tetap terlepas dari perbedaan nilai tukar.

Membeli langsung dari agen perjalanan online yang telah diketahui sepak terjangnya. Menurut Hans, pada agen penjualan online, jadwal perjalanan serta harga tiket pesawat dari berbagai maskapai ditampilkan saat itu juga.

Karena kebanyakan penipu tidak akan bisa melakukan hal ini, mereka pasti hanya bisa menawarkan beberapa maskapai saja.

Jangan membeli tiket pesawat melalui telepon atau SMS dari pihak belum dikenal. Terlebih jika nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon biasa.

Dan yang tak kalah penting, Anda disarankan juga untuk jangan pernah menelepon nomor telepon genggam (hotline) untuk memesan tiket pesawat. Karena agen perjalanan biasanya menggunakan call center sebagai sambungan telepon mereka.

Penyedia jasa perjalanan online menyediakan keleluasaan pada pelanggan.

Agen perjalanan online, memberikan Anda keleluasaan untuk memilih maskapai penerbangan, memberikan rincian data penumpang dan berbagai metode pembayaran yang Anda sukai. Semuanya hanya menghabiskan waktu 2 menit.

Sedangkan agen perjalanan palsu tidak memiliki teknologi yang dapat berintegrasi dengan sistem maskapai penerbangan. Inilah mengapa penipu hanya melayani sms atau telepon untuk membeli tiket pesawat.

  • Cermati cara pembayaran

Ketika menyangkut cara pembayaran, ATM/SMS/Online banking adalah beberapa metode pembayaran yang disukai di Indonesia. Ada beberapa cara yang dapat dicermati untuk memastikan apakah Anda membayarkan tiket pesawat ke agen perjalanan sungguhan atau palsu.

Online Bank. Agen perjalanan online biasanya terintegrasi dengan e-solution di beberapa bank besar. Hal ini membuktikan bahwa agen tersebut memiliki kontrak e-commerce profesional dengan bank. Sementara agen perjalanan palsu tidak bisa mendapatkan kontrak tersebut dari bank.

Transfer bank (ATM, SMS, Online). Agen perjalanan online menggunakan akun virtual untuk transaksi mereka. Jumlah digit rekening akun virtual berbeda dengan rekening biasa. Jumlah digit nomor rekening virtual biasanya lebih banyak dari rekening bank biasa. Ketika konfirmasi, Anda akan melihat nama agen perjalanan online tersebut dan bukan atas nama individu.

Sebagai contoh Anda akan melihat nama perusahaan di layar ATM, konfirmasi SMS atau di halaman online banking. Penipu biasanya hanya memiliki beberapa akun rekening saja dan di bawah nama pribadi bukan perusahaan.

  • Periksa URL situs web dan verifikasi nomor dukungan pelanggan

Sebelum memesan, Anda harus selalu memverifikasi situs web dengan melakukan pencarian online; periksa semua penipuan yang terkait dengan situs dan lakukan penggalian di sekitar halaman “Tentang kami” dan “Syarat dan Ketentuan”. Situs web dengan sedikit atau tanpa informasi mungkin layak untuk dihindari dengan cara apa pun.

Selain itu, selalu periksa nama domain untuk memastikannya asli, seperti yang direkomendasikan. Misalnya, pastikan Anda mengunjungi website resmi dari suatu maskapai.

Pastikan untuk memeriksa domain tingkat atas untuk “.com,” sebagai “.net” dan “.org” tidak akan digunakan untuk situs belanja online. Terakhir, periksa “https: //” ketika Anda tiba di halaman pembayaran yang memastikan Anda menggunakan situs web yang aman; Anda tidak boleh membayar di situs web yang tidak aman atau diarahkan kembali ke situs pihak ketiga lain saat memproses pembayaran.